indra gunawan

Last login time
29 November 2019



headerBanner
4 Hal Baru Dalam PPDB 2019

4 Hal Baru Dalam PPDB 2019

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Selasa, 28 Mei 2019 10:40 WIB 566 0 0

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 akan segera dimulai. Dalam proses ini, terdapat hal-hal baru yang telah disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam konferensi pers Permendikbud No. 51 Tahun 2018. Berikut hal-hal baru dalam pelaksanaan PPDB 2019 yang wajib diketahui!

SKTM dihapuskan

Secara resmi, Pemerintah menghapus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Untuk itu, setiap siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu tetap harus mengikuti jalur zonasi yang ditambah dengan program pemerintah pusat (KIP) atau pemerintah daerah.

Waktu domisili

Jika dalam PPDB 2018, alamat domisili Kartu Keluarga (KK) yang diterbitkan minimal 6 bulan sebelumnya, namun hal yang berbeda diterapkan untuk PPDB 2019. Dimana, dalam Permendikbud baru alamat KK yang diterbitkan berubah menjadi minimal 1 tahun sebelumnya.

Daya tampung

Sebelumnya, Permendikbud mengatur secara detil tentang daya tampung berdasarkan standar proses. Namun, dalam Permendikbud baru ini mewajibkan setiap sekolah peserta PPDB 2019 untuk mengumumkan jumlah daya tampung. Pada kelas 1 SD, kelas 7 SMP dan kelas 10 SMA/SMK sesuai dengan data rombongan belajar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Prioritas peserta didik di zonasi sekolah asal

Dalam aturan PPDB 2019 ini juga diatur mengenai kewajiban sekolah untuk memprioritaskan peserta didik yang memiliki KK atau surat keterangan domisili. Sesuai dengan satu wilayah asal (zonasi) yang sama dengan sekolah asal.

Aturan zonasi pada PPDB 2019/2020 dapat orang tua lihat di daftar desa/kelurahan dengan sekolah yang akan dituju berdasarkan jarak tempuh.

Berdasarkan Permendikbud nomor 51/2018 diatur PPDB melalui zonasi. Seleksi calon peserta didik baru kelas 7 (tujuh) SMP, dilakukan dengan memprioritaskan jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah dalam zonasi yang ditetapkan. PPDB tingkat SMP dibuka melalui tiga jalur penerimaan, yakni jalur zonasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali.


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com