Super Administrator

headerBanner
4 Fakta Dibalik Pemblokiran Aplikasi Tik Tok

4 Fakta Dibalik Pemblokiran Aplikasi Tik Tok

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Rabu, 4 Juli 2018 15:20 WIB 250 0 0

Di tengah popularitas yang sedang naik daun, aplikasi Tik Tok yang digandrungi anak-anak, remaja dan kaula muda justru mendapat kejutan yang kurang mengenakkan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Yup, aplikasi video musik ini resmi diblokir sejak Selasa (3/7/2018). Berikut fakta-fakta menarik seputar pemblokiran aplikasi Tik Tok!

1. Pemblokiran bersifat sementara

Menkominfo Rudiantara menegaskan bahwa pemblokiran Tik Tok bersifat sementara. Pemblokiran ini dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPS) dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).
Rudiantara menjelaskan telah meminta Tik Tok untuk membersihkan kontennya. "Setelah bersih dan ada jaminan untuk menjaga kebersihan kontennya, Tik Tok bisa kami buka lagi," ucapnya seperti dikutip dari KompasTekno.

2. Dinilai memberikan dampak negatif. Di sisi lain juga kreatif

Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Pangerapan menjelaskan bahwa alasan utama pemblokiran aplikasi Tik Tok ini dinilai memberikan dampak buruk terhadap anak-anak. Sementara itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPA) dan KPAI serta masyarakat luas melaporkan adanya konten pornografi, asusila, dan pelecehan agama.

Sementara itu, Rudiantara menambahkan, layanan live-streaming seperti Tik Tok sebenarnya bagus untuk mengekspresikan kreativitas. Akan tetapi, Rudiantara tidak menampik bahwa platform itu justru disalahgunakan untuk hal-hal yang bersifat negatif.

3. Petisi blokir Tik Tok sebenarnya telah bergulir sejak lama

Sebenarnya, tuntutan masyarakat kepada Kominfo tuk memblokir Tik Tok telah bergulir lewat sebuah petisi berjudul 'Blokir Aplikasi Tik Tok' yang diunggah di situs Change.org sejak 12 Maret 2018.

Tercatat, sejak petisi itu diunggah telah ditandatangani 138.687 kali hingga Rabu (4/7/2018). Adapun penulis petisi itu adalah Rizky Budiman yang mengkritisi seringnya konten negatif muncul di aplikasi Tik Tok, salah satunya, adanya video user Tik Tok berjoget di depan jenazah dan mempermainkan ritual keagamaan.

4. Salah satu artis Tik Tok jadi sorotan

Sebelum diblokir Kominfo, seorang artis Tik Tok bernama Bowo Alpenliebe yang masih duduk dibangku SMP tengah menjadi buah bibir di kalangan netizen setelah video meet and greet dengan fansnya beredar luas di media sosial. Pasalnya, demi bisa bertemu dan berfoto bersamanya, para fans harus membayar Rp 80.000. Pro dan kontra pun bermunculan. (Idr/Foto: Ist)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.559 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com