Super Administrator

headerBanner
4 Aplikasi Ini Bikin Kamu Semakin Berilmu

4 Aplikasi Ini Bikin Kamu Semakin Berilmu

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Selasa, 16 Januari 2018 9:28 WIB 1233 0 0

Banyak cara untuk bisa menimba ilmu. Selain mendapatkannya di sekolah, kamu juga bisa memanfaatkan beragam aplikasi seputar dunia pendidikan yang banyak bertebaran di dunia maya. Jika hal ini dimanfaatkan, tentunya sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan keahlian kamu, loh!

Ayobaca.in

Ayobaca.in merupakan aplikasi pertama di Indonesia yang mengonversi buku konvensional menjadi format buku audio dengan melibatkan masyarakat sebagai pembaca sukarelawan tanpa adanya unsur keterpaksaan dalam proses melakukannya.

Artinya, masyarakat dapat menjadi volunteer untuk membacakan berbagai pilihan buku, seperti pelajaran sekolah atau buku teks, buku ilmiah, modul, hingga komik dan novel yang tersedia di Ayobaca.in dengan cara merekam suara secara real time, di mana pun dan kapan pun, serta dapat melalui media apa pun untuk memudahkan prosesnya.

Untuk itu, guna menyesuaikan kesibukan yang dimiliki masing-masing volunteer, pembaca buku dapat membaca per bab yang disukainya, jadi tidak harus merampungkannya hingga selesai. Nantinya, bacaan tersebut akan dilanjutkan oleh pembaca lainnya. Sehingga, secara estafet prosesnya dapat berjalan lancar dan tidak berhenti di satu tempat saja.

Dan selesai dibacakan, hasil rekaman suara tersebut diunggah ke Ayobaca.in. Kemudian Ayobaca.in akan menkonversi hasil rekaman menjadi buku audio dalam bentuk CD. Dengan menargetkan 1 hari 1 buku (1 buku setara 10-12 jam versi audio) yang dapat dikonversikan.

Selanjutnya buku audio akan didistribusikan oleh Yayasan Mitra Netra beserta Persatuan Tunanetra Indonesia (PERTUNI) ke berbagai yayasan dan perpustakaan khusus tunanetra.

Selain membantu para tunanetra mengakses buku dan ilmu pengetahuan, cara ini bisa sekaligus memperkuat tingkat literasi di Indonesia membantu gerakan rajin membaca yang akan sangat membantu rekan-rekan penyandang tunanetra untuk mendapatkan akses ke buku-buku sebagai sumber ilmu pengetahuan.

Oleh karena itu, dengan sarana ini, semua orang bisa menciptakan berbagai sarana yang bisa membantu para penyandang difabilitas untuk mampu menjalani kehidupan sehari-harinya sebaik mungkin seperti warga masyarakat lainnya yang normal.

Saat ini aplikasi Ayobaca.in telah diunduh oleh berbagai kalangan, mulai karyawan, pebisnis, mahasiswa, dosen, guru hingga pelajar dapat melakukannya melalui google playstore bagi pengguna smartphone Android dan tersedia juga bagi pengguna iOS

c-duolinggo.JPG

Duolingo

Buat kamu yang ingin fasih berkomunikasi berbagai bahasa, saat ini sudah bisa dengan mudah mempelajarinya tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Yup, cukup download aplikasi bernama Duolinggo yang ada di android ataupun iOS , kamu sudah bisa mendapatkan materinya secara cuma-cuma.

Nah, pada aplikasi ini terdapat berbagai macam bahasa untuk dipelajari seperti Inggris, Belanda, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol hingga bahasa Asia seperti India, Jepang dan Korea. Memiliki fitur yang menyatukan audio dan visual untuk belajar dalam bahasa asing dengan cara menyenangkan menyebabkan aplikasi ini menjadi populer dikalangan pelajar.

Di sini, kamu akan diajak untuk mengasah kemampuan bahasa dengan berbagai tes. Ada tes Dasar 1, Dasar 2, Frasa, Makanan, Hewan, Jamak, Pakaian, Warna, Pertanyaan, Kata Hubung, dan sebagainya. Asyiknya, dalam setiap tes yang diajukan, kamu diajak sambil bermain. Jadi, tidak melulu harus serius.

Contoh, dalam tes-tes di Duolingo, kamu harus berusaha menjawab tiap tantangan yang dihadirkan. Namun, kamu harus memperhatikan nyawa yang dimiliki. Ada empat buah nyawa yang harus dipertahankan. Jika tidak, kamu harus mengulang tesnya dari semula.

c-Ruang%20guru.JPG

Ruang Guru

Aplikasi yang satu ini wajib kamu install sekarang juga. Kenapa? Beragam materi yang bisa membuat kamu jadi lebih berwawasan ada di dalamnya. Dengan kata lain, dari aplikasi ini kamu akan mendapatkan materi pengayaan dari semua mata pelajaran. Jadi, dijamin tidak akan sia-sia!

Ruang guru menyediakan ribuan video belajar, latihan soal, dan rangkuman untuk setiap mata pelajaran utama dari jenjang SD, SMP, dan SMA. Dengan materi ini, akan membuat kamu mendapatkan nilai bagus di ulangan harian, UTS, UAS, UN, bahkan SBMPTN.

Hal ini tentunya tidak lepas dari misinya yang selalu menyediakan les online secara privat, latihan ujian harian, latihan try out, latihan SBMPTN, dan latihan seluruh soal-soal dari jenjang SD sampai SMA, bagi kamu yang serius ingin menimba ilmu.

Bahkan, bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan akademik maupun non-akademikmu dengan guru les privat yang berpengalaman di bidangnya, aplikasi ini juga menyediakannya. Namun, untuk yang satu ini ada administrasi yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Jadi, semua bisa diatur sesuai keinginanmu!

c-privatq.JPG

PrivatQ

Adalah platform pencarian dan pemesanan guru les privat on-demand secara real time yang menghubungkan antara guru les privat/tentor dan siswa SD hingga SMA untuk meningkatkan pola belajar.

Dengan aplikasi ini, para siswa bisa menentukan materi pelajaran yang diinginkan, mulai dari matematika hingga bahasa Inggris. Semua tersedia dengan sekali sentuh pada perangkat digital yang dimiliki.

PrivatQ juga tengah berencana bekerja sama dengan sekolah-sekolah dan pemerintah daerah untuk menggembangkannya di masyarakat daerah. Harapannya dengan menyebarluaskan keberadaan PrivatQ, masyarakat bisa terbantu dan dimudahkan dalam proses belajar mengajar di luar kelas sehingga bisa memajukan dunia pendidikan tanah air.

Saat ini, telah ada sekitar enam ratus guru privat/tentor yang ada di platform PrivatQ. Empat ratus di antaranya berada di Yogyakarta, sedangkan sisanya berada di Solo. Bahkan, kehadirannya di Jakarta, Semarang, Malang, dan Surabaya juga tengah digodok.

Semua tentor ini telah melalui seleksi yang cukup panjang sampai akhirnya bisa dinyatakan layak bergabung di PrivatQ. Tujuannya tidak lain untuk terus menjamin kualitas tentor yang ada. Jadi, tunggu apalagi! Tinggal pesan dan guru terbaikmu siap datang dan mengajar dengan cara terbaiknya. Buruan unduh sekarang juga ya! (Dra / Foto : Shutterstock)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com