Super Administrator

headerBanner
25-27 Juni, PPDB Online Digelar. Ini 3 Tahap Pendaftaranya!

25-27 Juni, PPDB Online Digelar. Ini 3 Tahap Pendaftaranya!

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Minggu, 24 Juni 2018 15:59 WIB 599 0 0

Bagi calon peseta didik tahun ini, setidaknya perlu memperhatikan 3 tahap pendaftaran, seperti pertama jalur lokal, tahap kedua jalur umum dan tahap ketiga pra pendaftaran 2 PPDB Online untuk SMA DKI Jakarta kembali dimulai 25-27 Juni 2018.

Pendaftaran tahap pertama, calon siswa dapat melalui Jalur Lokal yang diperuntukkan bagi yang berdomisili di Provinsi DKI Jakarta. Cukup dengan menunjukkan Kartu Keluarga dan tercatat domisili paling akhir 1 Januari 2018 berdasar zona sekolah menjadi syarat khusunya.

Adapun kuota yang tersedia untuk Jalur Lokal minimal 55% dari daya tamping. Pada saat pengajuan pendaftaran online untuk SMA, calon siswa maksimal bisa melakukan 3 peminatan pada 1 sekolah atau 3 peminatan pada sekolah yang berbeda.

Dan perlu diingat, untuk calon siswa baru yang diterima namun belum melapor diri di Tahap Pertama Jalur Lokal, dapat mengikuti PPDB tahap ketiga. Namun, untuk calon siswa baru yang diterima, wajib melakukan lapor diri di sekolah pilihan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Nah, jika di tahap pertama ini masih terdapat kuota yang tidak terpenuhi, kuota dimaksud segera dilimpahkan ke PPDB Tahap Kedua Jalur Umum.

Selanjutnya, melangkah ke PPDB Tahap Kedua Jalur Umum. Adapun syarat yang harus diperhatikan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahap pertama di Jalur Lokal. Namun, di tahap ini lebih detail. Berikut kelengkapan syarat yang dimaksud :

PPDB Tahap Kedua Jalur Umum diperuntukkan bagi calon peserta didik baru : yang bertempat tinggal/berdomisili di Provinsi DKI Jakarta; dan yang bertempat tinggal/berdomisili di luar Provinsi DKI Jakarta; belum pernah mendaftar pada PPDB Tahap Pertama.

Sedangkan kuota yang disediakan untuk PPDB Jalur Umum adalah 35% (tiga puluh lima persen) dari daya tampung dengan rincian:

A. Kuota calon peserta didik yang berdomisili di Provinsi DKI Jakarta sebanyak 30% (tiga puluh persen), ditunjukkan dengan Kartu Keluarga yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi DKI Jakarta dan tercatat dalam sistem data kependudukan paling akhir tanggal 1 Januari 2018;

B. Kuota calon peserta didik yang berdomisili di luar Provinsi DKI Jakarta sebanyak 5% (lima persen);

c-%5B%5Bdb%20pl.JPG

Terkait pilihan sekolah pada saat pengajuan pendaftaran online untuk SMA maksimal 3 (tiga) peminatan. Pilihan peminatan pada saat pengajuan pendaftaran online untuk SMA maksimal 3 (tiga) peminatan pada 1 (satu) sekolah yang sama maupun pada sekolah yang berbeda;

Calon peserta didik baru yang diterima, wajib melakukan lapor diri di sekolah pilihan yang diterima sesuai jadwal;

Dalam hal kuota tidak terpenuhi pada pelaksanaan PPDB Tahap Kedua Jalur Umum, maka kuota dimaksud dilimpahkan kepada PPDB Tahap Ketiga Jalur Umum.

Terakhir, untuk PPDB Tahap Ketiga Jalur Umum dengan ketentuan sebagai berikut: PPDB Tahap Ketiga dilaksanakan apabila terdapat sisa kuota setelah pelaksanaan PPDB Tahap Kedua Jalur Umum.

PPDB Tahap Ketiga Jalur Umum hanya untuk calon peserta didik baru yang berdomisili di Provinsi DKI Jakarta ditunjukkan dengan Kartu Keluarga (KK) yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi DKI dan tercatat dalam sistem data kependudukan paling akhir tanggal 1 Januari 2018, dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Tidak diterima pada PPDB Tahap Pertama maupun PPDB Tahap Kedua;

2. Belum mendaftar pada PPDB Tahap Pertama maupun Tahap Kedua;

3. Diterima tetapi tidak lapor diri pada PPDB Tahap Pertama maupun kedua.

PPDB Tahap Ketiga, pelaksanaannya sama dengan PPDB Tahap Kedua Jalur Umum;

Dan bagi calon siswa baru yang diterima, wajib melakukan lapor diri di sekolah pilihan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang diperoleh melalui laman resmi PPDB Online Provinsi DKI Jakarta, jadwal PPDB untuk jenjang SMA di DKI Jakarta adalah sebagai berikut:

Pra pendaftaran 1

Dimulai tanggal 7 - 9 Juni 2018, Pk. 08.00 - Pk. 14.00 WIB di sekolah tujuan, terbuka bagi calon peserta didik Asal Sekolah Luar DKI, Lulusan sebelum tahun 2017/2018 atau Lulusan Pendidikan Kesetaraan.

Pra pendaftaran 2

Dimulai tanggal 25 - 26 Juni 2018, Pk. 08.00 - Pk. 14.00 WIB di sekolah tujuan, terbuka bagi calon peserta didik Asal Sekolah Luar DKI, Lulusan sebelum tahun 2017/2018 atau Lulusan Pendidikan Kesetaraan.

Verifikasi berkas dan cetak PIN Dilakukan tanggal 25 - 27 Juni 2018, Pk. 08.00 - Pk. 16.00 WIB di sekolah tujuan. Verifikasi data ditutup pada tanggal 27 Juni Pk. 14.00.

Pendaftaran dan seleksi

Dilakukan secara online (daring) mulai tanggal 25 - 27 Juni 2018. Proses akses pendaftaran daring sudah dapat dimulai tanggal 25 Juni 2018 Pk. 08.00 WIB dan akan ditutup pada 27 Juni 2018 Pk. 14.00 WIB. (Idr / Foto : ppdb.jakarta.go.id, edunews.id)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.137 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com