indra gunawan

Last login time
13 Desember 2018



headerBanner
10 Quotes Patriotisme Soekarno Seputar Kemerdekaan Indonesia yang Mendunia

10 Quotes Patriotisme Soekarno Seputar Kemerdekaan Indonesia yang Mendunia

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Jumat, 17 Agustus 2018 10:09 WIB 472 0 0

Tahun ini, Indonesia memasuki HUT Kemerdekaan RI ke-73. Tentunya, kemerdekaan ini tidak lepas dari peran Presiden Pertama Indonesia, Soekarno yang terkenal sangat lantang menyuarakan dan mengobarkan semangat juang rakyatnya agar tetap merdeka. Berikut 10 quotes Soekarno seputar kemerdekaan yang mendunia!

1. "Kami menggoyangkan langit, menggempakan darat, dan menggelorakan samudera agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2 1/2 sen sehari. Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita"

2. "Nasionalis yang sedjati, jang nasionalismenya itu bukan timbul semata-mata suatu copie atau tiruan dari nasionalisme barat akan tetapi timbul dari rasa tjinta akan manusia dan kemanusiaan" Sukarno, Dibawah Bendera Revolusi : Jilid 1

3. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya."

4. "Bangsa itu adalah suatu persatuan perangai jang terdjadi dari persatuan hal-ichwal jang telah didjalani oleh rakjat itu." Sukarno, Dibawah Bendera Revolusi : Jilid 1

5. "Nasionalisme itu jalah suatu itikad; suatu keinsyafan rakjat bahwa rakjat itu ada satu golongan, satu "bangsa"!" Sukarno, Dibawah Bendera Revolusi : Jilid 1

6. "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia

7. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri."

8. "Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa."

9. "Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bistik tapi budak."

10. "Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad 'Merdeka, merdeka atau mati'!"

(Foto : Istimewa)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.866 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com