Admin Myindischool

headerBanner
10 Jenis Makanan Penambah Daya Ingat dan Kecerdasan

10 Jenis Makanan Penambah Daya Ingat dan Kecerdasan

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Jumat, 19 Agustus 2016 13:28 WIB 3333 1 1

Makanan yang kita makan memiliki kandungan nutrisinya masing-masing yang memiliki manfaat untuk tubuh. Namun diantara makanan-makanan yang kita makan ternyata ada yang memiliki fungsi khusus. Kali ini kita bahas beberapa makanan yang memiliki fungsi untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.

Ikan Salmon

Ikan ini adalah sumber terbaik untuk asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang memiliki peran penting untuk tumbuh kembang fungsi otak. Selain ikan salmon, ikan tuna juga mengandung asam lemak omega-3 lho. Tapi ga ada yang sebaik salmon dalam hal kandungan asam lemak omega-3.

Telur

Talur telah diketahui banyak orang sebagai sumber protein yang baik, selain itu harganya pun terjangkau dan mudah untuk didapat. Protein terbanyak bisa kamu dapatkan pada bagian putih telurnya. Sedangkan bagian kuningnya kaya akan kolin yang dapat membantu perkembangan daya ingat. Tapi ternyata kuning telur juga banyak mengandung kolesterol lho :'(

Selai Kacang

Tahu nggak kalau kacang tanah kaya aka vitamin E?! Vitamin E adalah antioksidan yang berperan dalam melindungi membrane-membran sel syaraf. Bersama tiamin, vitamin E akan membantu sel syaraf dan otak untuk penggunaan glukuso sebagai kebutuhan energy pada tubuh kita.

Gandum Murni

Gandum murni memiliki peran untuk mendukung kebutuhan otak akan glukosa yang sifatnya stabil. Serat yang terkandung dalam gandum murni bisa mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Selain itu, gandum juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

Oat

Oat atau oatmeal merupakan sumber nutrisi penting bagi otak. Makanan sejenesi sereal ini mampu menyediakan energy untuk otak, serat pada oat juga memiliki peran untuk menjaga otak terpenuhi kebutuhannya sepanjang hari. Oat juga memiliki kandungan lain seperti seng, potassium, vitamin B, dan vitamin E.

Buah Berry

Strawberry, blackberry, raspberry, blueberry, dan buah berry lainnya mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Buah berry mampu mencegah kanker karena kandungan antioksidannya yang tinggi, terutama vitamin C. Ekstrak dari buah berry dapat memperbaiki fungsi daya ingat, bijinya pun diketahui juga mengandung adam lemak omega-3.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki segudang energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein dan juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Mengkonsumsi kacang-kacangan baik karena dapat memberikan energy lebih lama dan membantu kemampuan berpikir.

Sayuran Berwarna

Wortel, bayam, labu, ubi jalar, dan tomat merupakan sayuran-sayuran kaya nutrisi dan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak jadi lebih kuat dan sehat.

Daging Sapi Tanpa Lemak

Zat besi dapat kamu temukan berlimpah di daging sapi tanpa lemak. Zat besi dapat membantu kita berkonsentrasi dan tetap berenergi ketika di sekolah. Daging sapi juga memiliki kandungan mineral lain seperti seng yang dapat membantu menjaga daya ingat.

Susu dan Yoghurt

Makanan olahan dari susu cenderung mengandung vitamin B dan protein yang tinggi. Susu dan yoghurt dapat membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Neurotransmitter adalah sejenis bahan kimia yang bertugas memasukkan informasi kedalam sel saraf dengan cara melekatkan diri pada bagian tertentu dari sel saraf. Susu dan yogurt juga bisa membantu perut kenyang karena kandungan karbohidrat dan proteinnya sekaligus menjadi sumber energi untuk otak.

Nah, jadi udah tahu dong kalau ternyata daya ingat bisa kamu tambah dengan makanan yang kamu konsumsi. Dari kesepuluh makanan yang ada di atas, mana yang paling sering kamu makan dan kamu sukai?

Sumber: National Geographic Indonesia


Baca Juga



Ada 1 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.223 Member Bergabung
Copyright © 2020 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com