Wulan Agustin

Last login time
11 Agustus 2019



headerBanner
 Negara Ini Tidak Menerapkan Ujian Untuk Pelajarnya

Negara Ini Tidak Menerapkan Ujian Untuk Pelajarnya

IndiSchool - Myinfo · Posted by Wulan Agustin


Jumat, 15 Maret 2019 12:29 WIB 932 0 0

Berbeda dengan Indonesia, Korea dan Finlandia adalah negara yang tidak menerapkan ujian nasional untuk siswa-siswinya. Namun tetap menjadi negera yang memiliki tingkat pendidikan berkualitas.
Korea
Hampir mirip dengan Jepang, di Korea juga tidak ada Ujian Nasional. Setelah menempuh 6 tahun di Sekolah Dasar, siswa akan otomatis lulus. Begitu pula setelah 3 tahun pendidikan di SMP dan SMA.
Lulus atau tidaknya siswa di Korea ditentukan oleh penilaian guru dan sekolah, bahkan untuk lulus di Korea tergolong mudah, yang sangat sulit adalah ujian masuk ke SMA ataupun Perguruan Tinggi favorit.
Ujian masuk ke perguruan tinggi favorit, atau yang biasa disebut "suneung", adalah yang terpenting bagi siswa SMA di Korea. Suneung sangat menentukan karir dan masa depan seseorang karena suneung menjadi tolak ukur diterimanya seseorang di perguruan tinggi di Korea.
Suneung menjadi sangat mengerikan bagi pelajar di Korea karena hampir semua perusahaan di Korea mencari pegawai yang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi ternama Korea. Artinya, hasil suneung akan sangat mempengaruhi masa depan seseorang.
Finlandia
Pendidikan di negara ini menjadi begitu terkenal terutama karena tahun 2013 Finlandia dinobatkan sebagai "negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia". Baru di tahun 2015, peringkat Finlandia turun ke peringkat 2 dunia di bawah Korea Selatan.
Finlandia tidak menerapkan ujian nasional sebagai penentu kelulusan. Penilaian kelulusan seorang siswa menjadi tugas dan tanggung jawab seorang guru.
Untuk masuk ke perguruan tinggi di Finlandia tidak sesulit dan seketat Jepang dan Korea, kecuali untuk beberapa jurusan yang bergengsi seperti pendidikan guru.
Kelulusan siswa di Finlandia ditentukan oleh aspek-aspek seperti lengkapnya laporan ilmiah yang menjadi tugas sekolah, kelakuan baik, dan berbagai aspek lain menurut kebijaksanaan guru.
Inilah mengapa profesi guru menjadi salah satu profesi yang sangat dihormati dan mendapat kedudukan tinggi di masyarakat Finlandia.

Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.223 Member Bergabung
Copyright © 2020 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com