Super Administrator

headerBanner
Tips dan Trik menjadi Murid Berprestasi di Sekolah

Tips dan Trik menjadi Murid Berprestasi di Sekolah

IndiSchool - Mytips · Posted by Super Administrator


Rabu, 5 Maret 2014 10:26 WIB 2216 0 3

Banyak orang beranggapan menjadi anak didik berprestasi itu tidak mudah. Memang benar sulit bagi Anda yang tidak mengetahui seperti apa tips dan trik untuk menjadi murid berprestasi. Untuk itu saya sediakan beberapa tips yang dapat Anda praktekkan agar nilai Anda dalam pelajaran dapat melejit dengan cepat (tentunya dengan niat motivasi yang kuat).

A.   Untuk Pembelajaran di Sekolah

1.    Konsentrasi dan fokus

Dalam mata pelajaran apapun Anda diwajibkan untuk berkonsentrasi dan fokus. Dengan berkonsentrasi Anda akan melatih otak Anda untuk lebih cepat menangkap materi yang diberikan. Fokus berguna untuk mencari celah kejanggalan dari materi tersebut sehingga dapat menimbulkan pertanyaan dalam pikiran Anda.

2.    Dengarkan

Selain konsentrasi Anda harus mendengarkan dengan seksama materi yang diterangkan.

3.    Beri perhatian penuh

Anda harus memberi perhatian penuh kepada apa yang diucapkan oleh guru Anda. Sebagai imbalannya Anda dapat cepat memahami pertanyaan yang dilontarkan oleh guru Anda. Dan tentunya itu akan memberi Anda nilai plus di mata guru dan teman-teman Anda.

4.    Jangan bicara sendiri!

Aduhh.. Jika ingin beralih status menjadi murid berprestasi segera hilangkan sikap yang satu ini. Guru benci dengan murid yang kemampuannya standart bahkan dibawah rata-rata malah membuat kelas menjadi gaduh. Hal tersebut malah akan membuat citra negatif pada diri Anda. Lebih baik Anda tidak paham materi namun diam daripada membuat kelas gaduh namun nyatanya tong kosong.

5.    Don’t be lazy!

Tidak ada seorang pemalas yang berhasil. Maka dari itu Anda harus meninggalkan sikap buruk ini jauh-jauh. Malas hanya akan membuat Anda semakin tertinggal padahal tanpa Anda ketahui teman-teman Anda justru sedang berusaha belajar lebih giat.

6.    Catat semua materi pelajaran

Mencatat materi pelajaran telah membuat Anda melakukan tiga hal sekaligus karena dengan mencatat berarti Anda sedang mendengar, menulis dan berpikir.

7.    Angkat tanganmu

Di setiap mata pelajaran setidaknya Anda harus memiliki sebuah pertanyaan untuk gurumu. Hal itu adalah bukti bahwa Anda telah berusaha memahami materi yang baru diajarkan. Lebih baik lagi apabila Anda dapat menjawab pertanyaan dari guru Anda. Setidaknya dengan melakukan hal ini Anda telah menabung nilai hohoho ^.^

B.   Untuk Pembelajaran di Rumah

1.    Sediakan satu buku kosong

Saya sarankan Anda menyediakan buku kecil yang cukup tebal dan pada halaman pertama Anda tuliskan “Saya senang belajar” *untuk memotivasi saja :D

Buku tulis tersebut sebagai catatan tunggal yang berfungsi untuk mencatat semua jenis mata pelajaran yang diterangkan dan dituliskan guru Anda. Eitss, jangan salah! Buku itu memang bukan segalanya, namun buku itu akan menjadi segalanya bagi Anda. Sebaiknya Anda mencatat seluruh ucapan dan tulisan di papan tulis (termasuk tulisan yang Anda anggap sebagai coret-coretan tidak penting dari guru Anda).

Dalam buku ini HARAM untuk dihias macam-macam (berhias bolpoint berwarna warni atau stabilo). Materi pelajaran yang Anda dapat cukup Anda susun dengan rapi sehingga dapat dimengerti oleh diri Anda.

2.    Salin kembali materi pelajaran dari buku catatan tunggal

Di rumah, Anda wajib menyalin ulang seluruh catatan yang tadi Anda catat. Kini catatlah pada buku catatan di masing-masing buku mata pelajaran milik Anda. Di buku original tersebut Anda WAJIB menghiasnya dengan bolpoint warna atau stabilo. Susunlah dengan rapi dan semenarik mungkin. Mengapa? Hal tersebut dapat membuat Anda betah berlama-lama berhadapan dengan buku catatan Anda.

3.    Pelajarilah pada malam hari sebelumnya

Anda pasti pernah menjumpai ada teman Anda yang dapat menjawab pertanyaan yang belum pernah diajarkan. Ya, asal tau saja rahasia mereka adalah dengan mempelajari pada malam sebelumnya. Jangan lupa, orang yang pintar adalah karena ia tahu lebih dahulu.

Sepertinya hanya itu saja. Dalam hal ini  Anda harus selalu semangat dan tidak pantang menyerah. Hal terpentingnya adalah Anda perlu mendapat izin Tuhan atas kerja keras Anda sehingga jangan lupa berdoa. 


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.228.040 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com