Fatiha Ridwan

Last login time
2 Desember 2016



headerBanner
Satu Siswa Lain Tak Ada Izin Sekolah

Satu Siswa Lain Tak Ada Izin Sekolah

IndiSchool - Myschool · Posted by Fatiha Ridwan


Kamis, 27 Maret 2014 10:03 WIB 1703 2 4

Akhirnya pihak sekolah, di SMAN 1 Ngabang, memberikan hak dua siswanya yang terlibat kasus hukum mengikuti ujian sekolah susulan 17-22 Maret di aula Mapolres Landak. Sedangkan 1 siswa dari SMK Maniamas tidak ikut, karena pihak sekolah tidak mengizinkan.

Khundori, NGABANG

“Jadi yang kita ikutkan hanya dua terangka Ag dan As keduanya siswa SMAN 1 Ngabang. Sedangkan ML siswa SMK Maniamas tidak ikut ujian sekolah. Selama pelaksanaan ujian sekolah kita kawal dan tidak mengganggu proses penyelidikan, bahkan tersangka ML berkasnya sudah kita limpahkan ke Jaksa dan tersangka Ag dan As dalam minggu ini juga kita limpahkan,” kata Kasat Reskrim Polres Landak AKP Leli Suheri dikonfirmasi, Selasa (18/3).

Tersangka yang melibatkan pelajar ditangkap pada 15 Februari lalu, kasus pencurian atau pembobolan toko dan minimarket di Ngabang. Dari empat pelaku, tiga diantaranya masih status pelajar sehingga pihak kepolisian memberikan surat kepada pihak sekolah agar dilakukan pengecekan dan ternyata benar.

“Maka, setelah dicek tiga pelajar itu siswa aktif dan sudah kelas tiga yang bulan ini terdaftar sebagai peserta ujian sekolah dan ujian nasional. Jadi, silahkan pihak sekolah mengambil langkah dan koordinasi dengan dinas pendidikan,” terang Leli.Menurutnya, pelaksanana ujian sekolah susulan kepada dua tersangka di aula Mapolres Landak. Karena mempertimbangkan dampak psikologis tersangka dan sekolah jika digelar di dalam kelas sekolah yang bersangkutan. 

“Selain itu juga menyangkut pengamanan tersangka dan meskipun di dalam ruang Mapolres, juga kita jaga ketat terhadap pelaku,” ujar Leli.

Pantauan koran ini, pelaksanaan ujian sekolah susulan dua siswa SMAN 1 Ngabang atas nama Ag dan As berlangsung lancer. Di dalam ruang aula Mapolres terlihat dua guru pengawas dan diluar pintu dijaga anggota polisi, dua tersangka mengerjakan soal ujian sekolah mengenakan seragam tahanan Polres Landak.

Sementara itu, tersangka ML siswa SMK Maniamas tidak dikutikan ujian sekolah susulan karena Polres menerima surat dari pihak sekolah swasta itu. Adapun dalam Surat No 198/I.2.17/SMK-/MN/III/2014 tertanggal 14 Maret tentang tanggapan terhadap ujian susulan siswa yang masih dalam proses hokum, berisi beberapa poin diantaranya pihak sekolah sudah melakukan pemanggilan terhadap orangtua siswa yang bernama ML dan orang tua telah membuat pernyataan untuk tidak mengikutsertakan anaknya dalam US dan UN dengan dan pertimbangan tertentu.

Pihak sekolah keberatan apabila pelaksanaan US susulan siswa yang tersangkut masalah hukum dilaksanakan di sekolah, karena menyangkut harga diri dan wibawa sekolah. Apabila dipaksanakan untuk mengikuti US susulan, maka harus ditempat dimana siswa tersebut di tahan (berdasarkan hasil rapat dewan guru dan pengurus yayasan pendidikan Maniamas Ngabang).

Surat dari SMK Maniamas yang ditujukan kepada dinas pendidikan Landak itu juga diperkuat, surat pernyataan orang tua tersangka bernama Loleng. Adapun beberapa poin dalam surat itu yakni karena yang bersangkutan dalam kondisi psikis (kejiwaan) yang tidak stabil (tertekan) sedangkan ujian memerlukan persiapan yang matang.

Karena yang bersangkutan tidak mengikuti uji kompetensi. Kejujuran (khususnya ujian praktik kejuruan) yang merupakan bagian dari UN yang telah dilaksanakan  17-22 Februari lalu.Sebelumnya, Bupati Landak Adrianus Asia Sidot juga angkat bicara dan prihatin atas kasus pencurian yang melibatkan pelajar. Bahkan pihaknya meminta pihak dinas pendidikan dan kepala sekolah bertanggungjawab, mengapa sampai terjadi dan perlu dikaji system pembinaan siswa yang bersangkutan. “Kita minta hak siswa yang bersangkutan diberikan yakni mengikutkan ujian. Karena melanggar hak asasi, bagi siapa saja yang mengakibatkan anak putus sekolah bias dihukum,” tegas Bupati Landak belum lama ini. (*) 


Baca Juga



Ada 2 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.217.943 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com