headerBanner
Penyebab Bolos Sekolah di Kalangan Remaja

Penyebab Bolos Sekolah di Kalangan Remaja

IndiSchool - Myschool · Posted by


Senin, 28 April 2014 11:50 WIB 17935 2 7

Teman apakah kalian pernah bolos sekolah? Bolos sekolah bukanlah hal yang baru bagi kalangan pelajar. Perilaku ini sudah ada sejak dulu. Bolos disaat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung di sekolah, itu merupakan hal yang sering dilakukan oleh para pelajar. Kebiasaan bolos sekolah tak hanya dilakoni pelajar cowok sajam tapi juga sudah merambah ke pelajar cewek.

Bolos sekolah merupakan salah satu dari kenakalan remaja yang sangat populer baik di sekolah dasar atau di tengah menengah. Menurut survei, jumlah siswa yang membolos pada jam efektif sekolah hanya sedikit dibandingkan dari jumlah siswa yang tidak membolos.

Kejenuhan akan kurikulum sekolah merupakan salah satu penyebab mereka jadi bolos sekolah. Penyebab lain adalah adalah masalah pribadi baik dengan orang tua, pacar, keluarga maupun dengan teman-teman. Dengan adanya masalah ini membuat mereka tidak konsentrasi bekerja.

Ada juga, bolos sekolah disebabkan karena pengaruh dari teman-teman. Melihat tingkat pengaruh teman-teman yang disebut dengan konvernitas sangat besar. Bahkan, nilai yang dibawa dari rumah bisa hilang karena konvernitas tadi.

Mereka yang tidak suka dengan pelajaran sekolah atau guru yang mengajar itulah yang membuat mereka mencari pelarian dengan membolos, walaupun secara tidak langsung hal seperti ini sebenarnya bukan merupakan suatu jawaban yang baik.

Perilaku membolos sangat merugikan dan bisa menjadi sumber masalah baru. Apabila membolos sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan terus menerus, maka yang bertanggung jawab atas semua ini bukan saja dari siswa saja melainkan dari pihak sekolah ataupun guru yang menjadi orang tua di sekolah juga ikut andil dalam masalah ini.

Bila teman sering bolos sekolah, tentu hal ini sangat merugikan diri sendiri. Kamu bisa ketinggalan pelajaran yang akhirnya berdampak pada nilai rapot. Teman nggak mau kan kalau nilai rapotnya nanti berwarna meras karena sering bolos. Mulai sekarang cobalah untuk rajin sekolah untuk mendapatkan nilai rapot yang baik. (***)


Baca Juga



Ada 2 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.214.219 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com