headerBanner
Mengatasi Siswa Bolos Sekolah Melalui Bimbingan Konseling

Mengatasi Siswa Bolos Sekolah Melalui Bimbingan Konseling

IndiSchool - Myschool · Posted by Admin Indischool


Senin, 28 April 2014 18:29 WIB 13278 3 6

Perilaku membolos di kalangan pelajar sudah sangat populer dari sekolah dasar sampai sekolah tingkat menengah atas. Dan kebiasaan ini tidak hanya terjadi pada siswa putera, siswa puteri pun juga kerap melakukan kegiatan ini. ada yang melakukannya secara pribadi, tetapi cukup banyak juga melakukannya secara berkelompok. Bila kebiasaan bolos ini terus menerus dilakukan tentu sangat merugikan diri siswa itu sendiri dan menurunnya nilai kedisiplinan dari pihak sekolah itu sendiri.

Berdasarkan survei ada banyak faktor yang menyebabkan siswa bolos sekolah, salah satunya karena mereka tidak mau mengikuti mata pelajaran tertentu yang tidak disukainya, atau karena tidak suka pada salah satu guru, atau membolos karena diajak/mengikuti teman.

Program Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan salah satu cara yang baik dalam menghadapi siswa yang sering bolos sekolah. Bimbingan dan Konseling bisa dibilang cukup efisien untuk mengatasi masalah siswa tersebut. Diharapkan dengan adanya pendekatan personal ini siswa lebih terbuka dengan permasalahannya, sehingga pembimbing pun jadi tahu masalah yang dihadapi siswa itu.

Dengan adanya konseling ini bisa meminimalisir kebiasaan siswa yang sering membolos. Bukan dengan menghukumnya agar siswa jera dan melakukan perbuataannya. Menghukum bukanlah cara yang baik untuk dilakukan. Karena siswa yang baru menginjak remaja merupakan masa-masa kondisi emosi yang tidak labil bila dilakukan tindakan keras membuat siswa sulit untuk dikontrol dan lebih sering membolos.

Selain itu, bila siswa masih tertutup dengan masalahnya, pembimbing bisa menyakan kepada teman dekatnya. Begitu semua informasi yang diperlukan telah diperoleh pembimbing langsung mengambil tindakan preventif dan pengobatan. Dengan cara memberikan nasehat dan arahan tanpa adanya tindakan keras. Semoga fenomena bolos dikalangan pelajar bisa berkurang dengan adanya tindak bimbingan dan konseling ini. (***)


Baca Juga



Ada 3 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.228.040 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com