headerBanner
Memperingati Hari Guru

Memperingati Hari Guru

IndiSchool - Myschool · Posted by


Selasa, 25 November 2014 10:47 WIB 1145 0 0

Berbicara tentang guru, apakah Teman tahu tentang sejarah guru? Tanggal 25 November terpilih sebagai Hari Guru Nasional dan ditetapkan juga sebagai hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Berawal dari nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tahun 1912 kemudian berganti nama menjadi PGI tahun 1932. PGHB atau PGI ini terdiri dari para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah. Organisasi guru ini ternyata berkembang menjadi beberapa organiasasi seperti guru bercorak keagamaan, kebangsaan, dan sebagainya.

Sayangnya pihak Jepang menutup semua organisasi termasuk PGI sehingga aktivitas sekolah tidak aktif lagi. Dan saat Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, PGI kembali berkiprah dan berhasil mengadakan Kongres Guru Indonesia untuk yang pertama kalinya tanggal 24-25 November 1945.

Guru merupakan pengajar yang mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, serta mengevaluasi peserta didik dari sejak usia dini sampai menengah. Selain itu, guru juga berperan mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Tujuan pendidikan itu sendiri adalah mewujudkan peserta didik menjadi manusia beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, disiplin, mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab.

Sangat membahagiakan sekali bila kita bisa menengok kebelakang dengan pengorbanan dari seorang guru yang sudah mengajarkan dan mendidik kita menjadi orang pintar. Ucaplah terima kasih kepada gurumu karena sudah diberi bekal yang baik untuk masa depan. Selamat Hari Guru. (***) 


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.217.945 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com