headerBanner
Apa itu Planet Katai?

Apa itu Planet Katai?

IndiSchool - Myschool · Posted by


Jumat, 26 September 2014 14:15 WIB 3868 0 1

Dalam pelajaran IPA biasanya kita belajar tata surya dalam mengenal delapan planet utama. Tapi tahukah kamu bahwa ada planet yang ukurannya lebih kecil dan disebut planet katai (dwarf planet). Planet katai atau planet kerdil adalah sebutan bagi benda-benda langit yang memutari matahari dalam tata surya.

Planet yang digunakan sejak 2006 ini muncul pada pertemuan General Assembly International Astronomers Union (IAU) ke 26 di Praha, Republik Ceko. Dengan adanya kemunculan planet katai, planet pluto tidak dianggap sebagai planet ke sembilan tapi termasuk sebagai salah satu benda angkasa yang dikategorikan sebagai planet katai.

Planet katai memiliki cirri-ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki orbit mengitari matahari
  2. Memiliki massa atau berat yang besar agar gravitasi planet itu cukup untuk mempertahankan bentuknya yang mirip bola
  3. Mampu membersihkan area di sekeliling orbitnya dari benda-benda angkasa kecil.

Keberadaan planet katai mulai menjadi pembahasan sejak ditemukannya Eris pada tahun 2005, Eris adalah sebuah planet kerdil yang ukurannya lebih besar dari Pluto. Sampai saat ini ada lima planet katai yang telah ditetapkan berada di tata surya yakni Ceres, Pluto, Haumea, Makemake dan Eris. (***)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.214.219 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com