Renal Yudias

headerBanner
Anak malas kembali ke sekolah setelah liburan? yuk baca tipsnya

Anak malas kembali ke sekolah setelah liburan? yuk baca tipsnya

IndiSchool - Myschool · Posted by Renal Yudias


Rabu, 5 Juli 2017 15:40 WIB 2066 4 6

         Liburan sekolah memang menjadi momentum paling menyenangkan tak hanya bagi anak usia sekolah tapi juga para orang tua. Maklum, hanya pada saat liburan sekolah tiba, para orang tua memiliki waktu lebih banyak dengan buah hati. Seperti dengan menghabiskan waktu libura ke luar kota atau sekadar berkujung ke tempat wisata.

Tapi jangan terlena terlalu lama dengan kemeriahan liburan karena para orang tua juga perlu menyiapkan kebutuhan masuk sekolah sejak dini. Ya, dipenghujung liburan sekolah waktunya para buah hati kembali ke sekolah atau Back To School, istilah yang cukup populer di kalangan masyarakat. Kalau sudah begitu, berbagai kebutuhan wajib untuk menunjang kegiatan bersekolah, jadi buruan wajib.

Rasa cemas pun pasti ada pada diri si kecil menghadapi kembali rutinitas sekolah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membantunya menyiapkan diri menyambut kembali saat-saat bersekolah. Selesaikan pekerjaan rumah

Biasanya saat liburan, anak mendapat tugas yang harus dikerjakan saat liburan. Mendekati saat masuk sekolah, pastikan si kecil sudah menyelesaikan tugas-tugasnya. Akan lebih baik jika anak sudah menyelesaikan tugasnya jauh-jauh hari. Jika tidak, akan timbul kepanikan yang membuat anak makin enggan berangkat sekolah.

Siapkan peralatan baru

Salah satu hal yang membuat anak semangat kembali ke sekolah adalah peralatan sekolah baru. Biarkan anak memilih sendiri buku tulis dan alat tulis dengan karakter lucu yang mereka suka. Hal itu akan membuat mereka semangat belajar dan juga menjadi sarana bersosialisasi dengan teman-temannya. Akan lebih menyenangkan jika Anda mengajari anak untuk membuat pernik-pernik peralatan sekolahnya sendiri. Misalnya tempat pensil hasil kreasi sendiri. Benda-benda hasil prakarya tentu akan membuat anak lebih bangga.

Pola Tidur

Selama liburan, pola tidur anak tidak beraturan. Jika pada musim sekolah mereka terbiasa bangun pagi, di saat liburan mereka lebih bebas bangun siang. Sedangkan malam hari, mereka berangkat tidur lebih malam. Agar anak kembali ke pola tidur pada saat sekolah, beberapa hari menjelang liburan berakhir, biasakan anak menepati jadwal tidur dan bangun seperti saat sekolah. Sehingga pada saat sekolah sudah dimulai, anak sudah siap dengan pola yang lama.

Teman-teman

Lingkungan sosial yang menyenangkan di sekolah bisa membuat anak bersemangat kembali ke sekolah. Jika anak Anda menunjukkan tanda-tanda tak semangat berangkat sekolah, ingatkan dia pada teman-temannya di sekolah. Jika hubungan sosial anak dengan teman-teman sekolahnya cukup baik, akan ada rasa rindu bertemu teman-temannya itu. Terlebih setelah liburan panjang, anak telah menyimpan banyak pengalaman yang bisa diceritakan pada teman-temannya.

Bekal sekolah

Siapkan pula bekal sekolah yang menarik untuk si kecil. Ajak dia membantu menyusun ide dan menyiapkan bekal sekolahnya sendiri. Dengan demikian, akan ada rasa bangga terhadap bekal hasil buatannya sendiri. 


Baca Juga



Ada 4 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.466.063 Member Bergabung
Copyright © 2017 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com