headerBanner
Agar Dapat Menguasai Materi Pelajaran di Sekolah

Agar Dapat Menguasai Materi Pelajaran di Sekolah

IndiSchool - Myschool · Posted by


Selasa, 14 Oktober 2014 13:58 WIB 6905 0 2

Tidak semua pelajaran di sekolah bisa dimengerti jika kita tidak belajar dengan sungguh-sungguh. Apalagi kalau sudah membahas materi pejaran yang tidak kita sukai, sains misalnya. Tentu kita bakal lama menangkap materi pelajaran tersebut.

Jika metode belajar kita salah maka kita akan sulit memahami dan mengerti apa yang sedang dipelajari. Agar materi pelajaran yang disampaikan guru bisa langsung masuk ke otak, kamu bisa ikuti beberapa cara berikut ini.

  • Mencari tempat belajar yang asyik

Akan lebih baik bila kita belajar di tempat yang tenang dan nyaman, dengan begitu kita akan lebih fokus untuk belajar. Jadi apa yang sudah kita pelajari bisa lebih mudah dan cepat dimengerti. Misalnya kamu bisa belajar di taman dengan suasana alam yang sejuk.

  • Konsentrasi

Saat belajar, jangan melakukan kegiatan lain seperti bermain games atau menonton. Cobalah berkonsentrasi penuh mendengarkan kalimat per kalimat yang dibahas maupun disampaikan guru. Dengan kita berkonsentrasi penuh, otak akan lebih cepat menangkap materi pelajaran.

  • Membuat catatan kecil

Jangan malas untuk selalu membuat catatan atau rangkuman dari buku atau pelajaran yang kita pelajari. Kumpulkan poin-poin penting yang ada di buku pelajaran. Dengan adanya catatan tersebut kita akan lebih mudah mengerti dengan pelajaran yang kita pelajari.

  • Niat

Paling utama agar cepat menangkap materi pelajaran di kelas adalah niat belajar. Kalau kita sudah punya niat pasti kita akan sungguh-sungguh dalam menyimak dan memahami materi pelajaran. Yakin deh Teman, segala sesuatu bila dimulai dengan niat maka kedepannya bisa mudah menangkap pelajaran lainnya.

  • Jangan terlalu dipaksa

Bila kita tidak mood belajar, jangan terlalu dipaksa. Sesuatu yang dilakukan dengan cara dipaksa maka akan sia-sia. Rasa jenuh dan bosan pasti bakal kita alami selama belajar di sekolah. Kita bisa menghilangkan sejenak, bisa dengan bermain musik atau mendengarkan musik. (***)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.217.951 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com