headerBanner
5 Hal yang Membuat Kita Tegang Saat Ujian

5 Hal yang Membuat Kita Tegang Saat Ujian

IndiSchool - Myschool · Posted by


Selasa, 14 April 2015 14:09 WIB 3804 0 2

Rasa takut dan cemas saat menghadapi Ujian Nasional (UN) adalah hal yang wajar. Namun jangan terlalu berlebihan karena akan membuat kita menjadi tidak bisa mengerjakan soal ujian. Sebelum ujian dimulai, pasti Teman sudah melakukan berbagai macam mulai dari belajar kelompok, ikut try out di sekolah sampai ikut les bimbingan belajar (bimbingan belajar).

Hindari 5 hal ini yang bisa bikin kita keringat dingin saat UN, agar kita lebih tenang mengerjakan soal ujian.

  • Mencontek

Mencontek adalah hal yang tidak baik untuk dilakukan saat ujian. Hindari mencontek dan percayalah dengan jawaban sendiri. Bila ada teman kita yang menyontek, jangan ikuti contoh yang tidak baik tersebut. karena bila sudah ketahuan kamu menyontek sama guru pengawas, bisa-bisa kamu gagal ujian.

  • Soal ujian

saat soal ujian dibagikan, rasa tegang dan khawatir menyelimuti perasaan kita. Ahli-ahli takut bila tidak bisa mengerjakan soal tersebut. Eits, jangan khawatir Teman bila kamu sudah belajar pasti bisa mengerjakan soal ujian tersebut. Tetaplah dan jangan panik.

  • Pengawas

Saat memasuki kelas, melihat muka pengawas yang seram membuat kita menjadi tegang. Tenangkan pikiran dan jangan mudah panik. Rasa panik yang berlebihan bisa membuat kita tidak bisa mengerjakan soal ujian. Bila pengawas yang hobinya mondar-mondir di sekitar meja kita, jangan langsung tegang. Tetap fokus sama soal ujian kamu.

  • Waktu ujian

Waktu ujian yang tersisa 10 menit dan masih banyak soal yang belum selesai, tetaplah tenang dan jangan mudah panik. Tetaplah fokus untuk menyelesaikan soal ujian tersebut. Dan hindari memakai jam tangan, hal ini akan membuat kita akan selalu memantau waktu.

  • Suara aneh

Suara berisik dari arah meja teman kita membuat kita tidak konsentrasi untuk mengerjakan soal ujian. Cara mengatasinya adalah fokus pada ujian sehingga suara itu nggak terlalu mengganggu. Dan tegur dia bila dia sudah sangat menganggu. Selamat ujian dan semoga lulus. (***)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.220.057 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com