headerBanner
Tiga Daerah Jadi Prioritas E-Sabak Kemendikbud

Tiga Daerah Jadi Prioritas E-Sabak Kemendikbud

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Indischool


Jumat, 9 Januari 2015 15:18 WIB 1307 0 0

Program E-Sabak dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menjangkau siswa di daerah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T). Sebagai tahap awal, program tersebut akan difokuskan di Kalimantan, Papua, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, ketiga daerah ini menjadi tempat uji coba karena merupakan daerah perbatasan. "Kalau di Kalimantan kita harus dorong supaya tidak inferior atau bermutu rendah," ujar Anies, di kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta.

Program E-Sabak menyediakan tablet sebagai pengganti buku pelajaran. Tablet tersebut, kata Anies, tidak akan menjadi hak milik siswa, namun mereka dapat menggunakannya untuk belajar di sekolah.

Anies mengklaim, pihaknya sudah menganggarkan dana untuk pengadaan tablet tersebut. Dia menargetkan, pendidikan di daerah tertinggal akan menjadi prioritas usai sidang kabinet yang membahas RJPMN.

"Kapan eksekusinya, nanti kami kabarkan lebih jauh, tapi semoga minggu depan sudah ada kerangka implementasinya seperti apa," ungkapnya.

E-Sabak sendiri diharapkan dapat menjadi solusi sarana pembelajaran di daerah 3T. Menurut Anies, saat ini 1.200 siswa SMA Terbuka menggunakan fasilitas tablet serupa. "Anak-anak hidup di dunia digital. Dunia pendidikan harus mengantisipasi," imbuhnya.

Kemendikbud bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan PT Telkom pada akses jaringan internet E-Sabak. Menkominfo Rudiantara menjelaskan, koneksi internet dapat dioptimalkan dengan sistem rerouting sehingga tidak perlu diurus dari Jakarta.

"Fasilitas jaringan yang dimiliki oleh Kemendikbud ini juga dapat dimanfaatkan oleh Kementerian lain seperti Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menghubungkan puskesmas-puskesmas di Indonesia," ucap Rudiantara.

Direktur Enterprise dan Business Service PT Telkom, Muhammad Awaluddin mengatakan, layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini disediakan dalam satu paket layanan yang tidak terpisahkan yaitu perangkat, jaringan, dan aplikasi. Dia menyebutkan, disediakan tiga alternatif jaringan yakni fix line, 3g, dan satelit (VSAT).

"Tiga alternatif itu yang akan kami sediakan," ungkapnya. 


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.227.894 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com