headerBanner
Taman Wisata Seni dan Budaya Garuda Wisnu Kencana

Taman Wisata Seni dan Budaya Garuda Wisnu Kencana

IndiSchool - Myinfo · Posted by


Selasa, 17 Februari 2015 2:38 WIB 962 0 0

Bali merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pemandangan yang disuguhkan oleh Bali sangat menarik, pantai misalnya. Selain itu, kuliner, souvenir sampai adat dan kebuyaan juga menarik perhatian wisatawan yang ingin berlibur ke tempat ini.

Bali dikenal sebagai tempat dimana tradisi seni dan budayanya sangat menonjol. Salah satunya adalah Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau sering disingkat GWK. Kurang afdol rasanya ke Bali tanpa berkunjung ke monumental yang mengagumkan di Tanah Bali.

Patung Dewa Wisnu dalam agama Hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti) yang sedang mengendarai burung Garuda.  Pembuatan patung ini terinspirasi dari kisah Adi Parwadalam episode Garuda tentang rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan.

Patung yang dibangun sejak tahun tahun 1997 ini terletak di Bukit Unggasan-Jimbaran, Tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar. GWK terbuat dari campuran tembaga dan kuningan serta baja yang pada bagian tertentu akan dilapisi dengan mozaik emas seberat 4.000 ton. Dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter.

Patung yang dibuat oleh I Nyoman Nuarta ini rencananya akan menjadi patung terbesar dan tertinggi di dunia, yaitu126 meter dengan berat 3.000 ton dan itu mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat, yaitu 93 meter.

Dengan adanya taman budaya ini, diharapkan khususnya generasi muda agar ikut melestarikan wrisan budaya bangsa. (***)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.220.057 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com