headerBanner
Proses Terbentuknya Pelangi

Proses Terbentuknya Pelangi

IndiSchool - Myinfo · Posted by


Kamis, 11 Desember 2014 17:36 WIB 2353 0 0

Pelangi yang terkenal dengan sebutan bianglala ini merupakan salah satu fenomena alam yang sangat indah. Tahukah kamu bahwa pelangi terbentuk karena pembiasan sinar matahari oleh tetesan air yang ada di atmosfir.

Pelangi bisa terlihat saat turun hujan gerimis, ketika suhu udara sangat panas dan kita membelakangi pelangi. Dalam ilmu fisika, terjadinya pelangi disebut sebagai pembiasan alam, yaitu penguraian suatu sumber cahaya, sehingga menjadi beberapa warna cahaya yang disebut sebagai spektrum cahaya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pelangi adalah lengkungan warna spektrum di langit sebagai akibat adanya pembiasan sinar matahari oleh titik hujan atau embun. Pelangi memiliki lima warna, hal ini menurut mitos yang berkembang di negeri Cina. Pelangi merupakan hasil torehan dari batu yang dibuat oleh Dewi Nuwa. Lain halnya di negeri India yang menyebutkan, bahwa pelangi terbentuk karena busur panah Sang Rama yang merupakan reinkarnasi Dewa Wisnu. (***) 


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.217.941 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com