headerBanner
Perjuangan Dewi Sartika Menjadi Pahlawan Pendidikan

Perjuangan Dewi Sartika Menjadi Pahlawan Pendidikan

IndiSchool - Myinfo · Posted by


Selasa, 23 Desember 2014 13:23 WIB 12949 0 0

Raden Dewi Sartika, namanya diabadikan menjadi sebuah nama jalan di Jakarta yang dikenal nama Jalan Dewi Sartika. Tak banyak orang tahu tentang kisah pahlawan kelahiran 4 Desember 1884 yang dikenal sebagai tokoh perintis pendidikan untuk kaum wanita. Siapakah dia?

Perempuan yang lahir di Bandung ini diakui sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Indonesia tahun 1966. Sedari kecil, Dewi Sartika sudah menunjukkan bakatnya di bidang pendidikan, bayangkan saja sejak kecil ia sudah bisa menunjukkan kemampuannya baca tulis dalam bahasa Belanda.

Dewi Sartika terlahir dari keluarga priyayi Sunda, Nyi Raden Rajapermas dan Raden Somanagara. Meski melanggar adat saat itu, namun orangtuanya tetap bersikukuh menyekolahkan Dewi Sartika ke sekolah Belanda.

Beranjak dewasa, ia berjuang mendirikan sekolah di Bandung agar anak-anak perempuan di sekitarnya bisa memperoleh kesempatan menuntut ilmu pengetahuan. Perjuangannya dia pun membuahkan hasil dengan bantuan R.A.A Martanegara, kakeknya, dan Den Hamer yang menjabat Inspektur Kantor Pengajaran ketika itu, ia berhasil membuka sekolah. Sekolah Isteri adalah namanya. Sekolah ini dibangun pada tahun 1904 dan sekolah itu hanya ada dua kelas sehingga tak mampu semua aktivitas.

Awalnya, murid-muridnya hanya dua puluh orang namun dari tahun ke tahun bertambah banyak. Semua yang bersekolah disana adalah kaum wanita. Dimana di sekolah itu diajarkan berhitung, membaca, menulis, menjahit, merenda, menyulam, dan pelajaran agama.

Bulan September 1929, Dewi Sartika mengadakan peringatan pendirian sekolah yang telah berumur 25 tahun, lalu berganti nama menjadi “Sakola Raden Dewi”. Atas jasanya, Dewi Sartika mendapat bintang jasa oleh pemerintah Hindia-Belanda.

Pada 11 September 1947, Dewi Sartika meninggal dunia di Tasikmalaya, dan dimakamkan dengan suatu pemakaman sederhana di pemakaman Cigagadon-Desa Rahayu, Kecamatan Cineam. (***)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.217.942 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com