headerBanner
Penemu Ikan Mujair

Penemu Ikan Mujair

IndiSchool - Myinfo · Posted by


Senin, 29 Desember 2014 11:49 WIB 1911 0 0

Iwan Daulak dikenal sebagai penemu Ikan Mujair. Anak ke 4 dari 9 bersaudara ini lahir di desa Kuningan, puast kota Blitar. Awalnya Moedjair,  panggilan akrabnya, adalah seorang pedagang sate yang cukup terkenal di daerah Kuningan Kanigoro namun usahanya tersebut tak berjalan dengan lancar. Warung satenya jadi porak porandah karena dia gemar berjudi.

Saat beliau mengalami keterpurukan, Moedjair melakukan tirakat, setiap tanggal 1 Suro (penanggalan Jawa), dia mandi di pantai Serang, Blitar Selatan. Ketika dirinya sedang melakukan ritual mandi, Moedjair menemukan ikan dalam jumlah banyak.

Lalu dia mengembangkan ikan tersebut di rumahnya, di daerah Papungan - Kanigoro, Blitar. Moedjair menangkap ikan dengan udengnya (ikat kepala). Dia menangkap ikan ditemani kedua temannya. Sayangnya ikan yang ditangkapnya mati saat dimasukkan ke air tawar. Lalu dia mencoba mencari tahu agar ikan tersebut tidak mati.

Dia melakukan percobaan pencampuran air laut dan air tawar dimana jumlah air laut lebih kecil dibanding air tawar. Pada akhirnya percobaan itu membuahkan hasil. Perkembangbiakan ikan spesies baru itu berkembang pesat, ikan semakin banyak. Penamaan ikan tersebut diambil dari namanya yakni Moedjair (Mujair).

Ikan mujair semakin dikenal dan masyarakat semakin banyak yang mengembangbiakannya. Nama Moedjair pun semakin terkenal berkat bantuan anak sulungnya. Sampai pada akhirnya beliau diangkat sebagai Jogoboyo Desa Papungan dan mendapat gaji bulan dari pemerintar daerah. Beliau juga mendapat penghargaan Eksekutip Committee pada tanggal 30 Juni 1954 di Bogor dari Indonesia Fisheries Council atas jasanya menemukan ikan mujair.

Pada 1 September 1957 beliau wafat karena penyakit asma. Dan beliau di makamkan di desa Papungan. Pada tahun 1960, atas inisiatip Departemen Perikanan Indonesia, makam beliau dipindahkan di selatan desa Papungan, yang juga sebagai makam keluarga. Pada 6 April 1965 beliau dianugerahkan sebagai nelayan pelopor oleh Departemen Perikanan Darat dan Laut. Piagamnya ditanda tangani oleh menteri perikanan, Hamzah Atmohandojo. (***) 


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.214.219 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com