headerBanner
Menyambut Tahun Baru Imlek

Menyambut Tahun Baru Imlek

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Indischool


Kamis, 29 Januari 2015 16:31 WIB 1284 0 0

Tahun Baru Imlek sebentar lagi akan tiba. Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan Tahun Baru Imlek sangat beragam.Tak hanya perayaannya saja yang meriah, tapi tradisinya terasa banget seperti berikut ini.

  • Barongsai dan pagelaran liong

Barongsai merupakan salah satu tarian tradisional China yang menggenuanakan sarung yang menyerupai singa. Sedangkan liong adalah adalah suatu pertunjukan dan tarian tradisional dalam kebudayaan masyarakat. Barongsai dan liong wajib ada saat perayaan tiba. Menurut kepercayaan orang China, barongsai dan liong melambangkan kebahagiaan dan kesenangan. Tarian naga dan singa ini dipercaya merupakan pertunjukan yang dapat membawa keberuntungan.

  • Hidangan samseng

Kebanyakan orang Tionghoa membuat Samseng (artinya: tiga macam daging kurban) yang terdiri dari tiga jenis macam binatang yaitu ikan bandeng, ayam betina, dan daging babi. Samseng melambangkan tiga hewan yakni babi pemalas, yang kerjanya hanya makan dan tidus. Ayam yang suka pindah-pindah saat makan, saat makanan ada di depan matanya dan belum habis sudah pindah. Ini artinya melambangkan sifat serakah. Dan ikan bandeng diumpamakan seperti ular, yang artinya agar kita jangan berlaku jahat pada orang lain seperti ular.

  • Memberikan angpao

Angpao menurut orang Tionghoa adalah membagikan rezeki. Biasanya angpao diberikan oleh seseorang yang sudah berkeluarga dan diberikan kepada anak-anak atau orang yang belum menikah. (***)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.228.047 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com