headerBanner
Lawang Sewu Menjadi Tempat Favorit di Semarang

Lawang Sewu Menjadi Tempat Favorit di Semarang

IndiSchool - Myinfo · Posted by


Kamis, 11 Desember 2014 15:29 WIB 1395 0 2

Mendengar nama Lawang Sewu yang ada di benak kita yakni bangunan tua yang menyeramkan. Yup, Lawang Sewu merupakan salah satu objek yang cukup terkenal di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Lawang Sewu berasal dari bahasa Jawa jika diartikan ke dalam bahasa di Indonesia artinya adalah “seribu pintu”.Lawangartinya “pintu”, danSewuartinya “seribu”. Dulunya Lawang Sewu dijadikan sebagai Kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dan sekarang tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata yang memiliki nilai-nilai budaya Jawa.

Bangunan karya Arsitek Belanda Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag menurut catatan sejarah dibangun tahun 1904, dan diresmikan pada 1 Juli 1907. Gedung yang pernah menjadi kantor pusat kereta api ini berdiri di tengah kota Semarang, menghadap Tugu Muda. Memiliki luas tanah hampir dua hektar dan sangat kental dengan gaya art deco. Terdiri dari dua bangunan utama, dan satu bangunan yang diperuntukkan untuk gudang lengkap dengan ruangan bawah tanah. Yang paling khas dan menarik dari bangunan ini selain jumlah pintunya yang banyak adalah kaca patri yang terletak persis di bawah kubah gedung utama. Lawang Sewu saat ini menjadi tempat wisata paling terkenal di Semarang.

Konon katanya, Lawang sewu merupakan kantor kereta api Belanda NIS atau Nederlandsche Indische Spoorweg Maschaappij. Lawang sewu, pertama kali dibangun pada 27 Februari 1904 dan selesai pada tahun 1907. Dulunya, gedung tua ini menjadi tempat favorit para pecinta wisata horor. Banyak pelancong dari berbagai daerah untuk menguji nyali di sini. Lawang sewu mulai terkenal sejak 2005, saat itu salah satu televisi swasta menjadikan tempat ini sebagai lokasi syuting acara televisi. Sampai sekarang Lawang Sewu banyak dikunjungi oleh beberapa traveller dari berbagai daerah. Penasaran dengan keunikan bangunan Lawang Sewu cobalah untuk datang ke tempat ini.(***)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.220.057 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com