headerBanner
Kurang Tidur Salah Satu Penyebab Obesitas

Kurang Tidur Salah Satu Penyebab Obesitas

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Indischool


Kamis, 13 November 2014 15:43 WIB 2218 1 1

Kurang waktu tidur memang banyak mengakibatkan masalaha pada tubuh dan kita semua tahu hal tersebut. Mulai dari kurang konsentrasi hingga bahaya diabetes. 

Tetapi bagi para remaja yang masih dalam masa pertumbuhan kurang waktu tidur ternyata bisa menyebabkan obesitas loh kawan. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah penelitian di Amerika. Remaja berusia 16 tahun yang waktu tidurnya kurang dari enam jam, berisiko 20 persen lebih tinggi menderita obesitas di usia 21 tahun, dibandingkan mereka yang waktu tidurnya delapan jam.    

Hasil penelitian memperlihatkan, ketika para partisipan ini berusia 16 tahun, hampir seperlima dari mereka memiliki waktu tidur kurang dari enam jam dalam semalam.

Para peneliti menemukan,  para partisipan ini - baik laki-laki dan perempuan meningkat risiko obesitasnya pada usia 21 tahun. 

Mengoptimalkan durasi tidur selama masa remaja merupakan intervensi penting bagi prevalensi obesitas pada remaja yang lebih tua dan orang dewasa muda. 

Remaja yang kurang tidur cenderung tertarik terhadap makanan yang tak sehat dibandingkan mereka yang memiliki waktu cukup untuk beristirahat. 

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Pediatrics menunjukkan bahwa bagi remaja yang menderita obesitas, tidur tampaknya berhubungan dengan risiko kardiometabolik (yang mencakup hal-hal seperti tekanan darah tinggi, gula darah dan indeks massa tubuh). 

Studi lain yang dipublikasikan tahun ini dalam Jurnal Preventive Medicine juga menunjukkan, remaja yang kurang tidur lebih mungkin untuk terlibat dalam berbagai macam perilaku berisiko. 

Menurut salah satu yayasan fokus pada kesehatan publik, National Sleep Foundation, remaja memerlukan sekitar sembilan ditambah satu setengah jam tidur dalam semalam. 


Baca Juga



Ada 1 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.435.796 Member Bergabung
Copyright © 2017 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com