Admin Myindischool

headerBanner
Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Selasa, 14 Juni 2016 11:15 WIB 323 0 1

Puasa dibulan ramadhan adalah suatu kewajiban bagi umat islam di seluruh dunia yang diperintahkan oleh Allah SWT. Tahukah kamu apa keutamaan bulan ramadhan? Kita bahas yuk!

Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an

Bulan ramadhan adalah bulan mulia, bulan yang dipilih sebagai bulan untuk berpuasa dan pada bulan ini pula lah diturunkan kitab suci umat islam. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah [2] : 185)

Ketika ramadhan tiba setan-setan dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan pintu-intu surge dibuka

Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Muslim)

Pada bulan ramadhan terdapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan

Umat islam telah mengetahui bahwa ada malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar, yaitu 10 hari terakhir di bulan ramadhan. Pada malam ini lah diturunkannya Al Qur’anul Karim.

Sebagaimana firman Allah ta’ala:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr [97] : 1-3)

Salah satu waktu dikabulkannya doa adalah bulan ramadhan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar sebagaimana dalam Mujma’ul Zawaid dan Al Haytsami mengatakan periwayatnya tsiqoh/terpercaya. Lihat Jami’ul Ahadits, Imam Suyuthi)

 

Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.220.057 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com