Ira Wahidinia

Last login time
14 November 2016



headerBanner
Jangan Kelamaan Main HP Kalau Nggak Mau Kena 4 Hal Ini Ya!

Jangan Kelamaan Main HP Kalau Nggak Mau Kena 4 Hal Ini Ya!

IndiSchool - Myinfo · Posted by Ira Wahidinia


Selasa, 1 November 2016 15:01 WIB 1078 2 3

Perkembangan zaman membuat kita mengenal yang namanya smartphone. Ya, benda yang seakan menjadi teman paling dekat ini nggak jarang bikin penggunanya terus menerus mengaksesnya selama berjam-jam. Kamu termasuk orang yang menggunakan smartphone berjam-jam? Hati-hati ya, kamu bisa mengalami hal-hal di bawah ini kalau kelamaan menggunakan smartphone.

Tegang mata

Hal paling pertama yang mungkin terjadi ketika kamu terlalu lama mengunakan smartphone adalah tegangnya matamu. Ketegangan mata yang terjadi bisa berupa mata kering, iritasi, mata merah. Selain itu, kamu juga bisa mengalami sakit kepala yang berkepanjangan, kelelahan, serta rebun dekat. Untuk menghindari kerusakan mata, kamu bisa melakukan hal-hal sederhana seperti membatasi pemakaian smartphone, menghindari pamakaian smartphone dalam posisi tiduran, dan istirahatkan leher dengan cara merebahkan tubuhmu ya.

Bergesernya bantalan tulang

Tahukah kamu, ketika kamu menundukkan kepala untuk melihat ke layar smartphone sama dengan memberikan beban kepada bagian kepala hingga leher sebanyak enam kali lipat. Hal tersebut dapat menyebabkan bergesernya bantalan tulang karena salah satu cakram yang ada di antara tulang belakang rusak dan akhirnya menekan syaraf. Cara sederhana untuk mencegahnya adalah dengan memperbaiki postur tubuhmu. Biasakan untuk selalu bersikap tegak. Ketika harus menggunakan ponsel, gunakan dengan cara memegangnya lurus tanpa membuat kepala menunduk dan membebani lehermu.

Penuaan dini

Kerutan-kerutan dini dapat muncul karena kebiasaan menggunakan smartphone terlalu lama. Hal ini terjadi akibat terlalu sering menekuk leher yang membuat kulit “kusut” dan terjadi berulang-ulang. Jangan sedih, efek negative ini bisa kamu hindari dengan menguragi waktu berlama-lama mengunakan smartphone. Kamu bisa memilih olahraga yoga untuk membantu merilekskan leher dan otot-otot pada bahu serta memperkuat punggung atas dan belkang leher.

Perasaan kesepian

Kebiasaanmu yang terlalu lama berselancar di dunia online bisa membuatmu kikuk di kehidupan sosial. Sehingga kemampuanmu untuk berinteraksi dengan orang lain pun akan menurun. Duh! jangan sampai deh mengalami hal yang kaya gini. Kamu harus bisa melupakan kesibukanmu dengan smartphone kasayangan dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitarmu.

Nggak mau kan mengalami hal-hal yang ada di atas tadi? Udah deh! Mulai sekarang kamu harus mengurangi waktu berduaan dengan smartphone-mu dan bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di lingkungan sekitarmu. Setuju? 


Baca Juga



Ada 2 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.342.320 Member Bergabung
Copyright © 2017 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com