headerBanner
Gereja Katolik Katedral Jakarta

Gereja Katolik Katedral Jakarta

IndiSchool - Myinfo · Posted by


Selasa, 3 Maret 2015 15:21 WIB 3079 0 0

Gereja Katedral Jakarta atau disebut juga Gereja Santa Perawan Maria yang Diangkat ke Surga merupakan gereja yang kaya akan segi historis hingga desainnya bergaya neo-gotik dari Eropa. Kata Katedral berasal dari kata Latin cathedra (“tempat duduk” atau “kursi”), mengacu pada kursi atau tahta uskup atau uskup agung yang terdapat di dalam Katedral.

Gereja Katedral yang berada di Jl Katedral No 2, Jakarta Pusat ini diresmikan pada 1901 dengan bentuk gereja mirip dengan bangunan gereja di Eropa pada umumnya. Pada tahun 1890 gereja Katedral runtuh lalu dibangun kembali pada tahun 1891. Banyak kendala yang dihadapi saat ingin membangun kembali bangunan gereja Katedral. Namun, para umat dan pastur saat itu tak menyerah dan terus berusaha untuk pengumpulan dana. Salah satu caranya adalah dengan menjual undian.

Konstruksi bangunan ini dikerjakan oleh tukang batu dari Kwongfu China. Kontruksi bangunan ini terdiri dari batu bata tebal yang diberi plester dan berpola seperti susunan batu alam. Dinding batu bata ini menunjang kuda-kuda kayu jati yang terbentang selebar bangunan. Luas bangunan gereja inii adalah 1.200 meter persegi.

Sampai sekarang bangunan gereja Katedral berdiri kokoh. Karena upaya umat dan pastur untuk menjaga dan merawat gereja Katedral. (***) 


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.220.057 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com