headerBanner
Cegah Penyakit Pancaroba dengan Hidup Sehat

Cegah Penyakit Pancaroba dengan Hidup Sehat

IndiSchool - Myinfo · Posted by


Selasa, 10 Maret 2015 15:42 WIB 748 0 0

Saat memasuki musim pancaroba, musim pergantian antara musim penghujan ke musim kemarau, kita harus waspadai sejumlah penyakit. Salah satunya penyakit pilek. Flu atau pilek terjadi karena ada peradangan pada saluran pernapasan yang umumnya disebabkan oleh virus Rhinovirus dan alergi serta bakteri.

Agar terhindar dari penyakit pancaroba maka maka kita harus menjaga tubuh kita dengan cara sehat seperti berikut ini.

  • Garam

Bila Teman mengalami gangguan pernapasan dan sakit pada tenggorokan, kamu bisa menggunakan garam untuk mengatasinya. Caranya, larutkan 1 sdt garam ke dalam setengah liter air hangat. Aduk rata. Teteskan dengan bantuan pipet, untuk melegakan pernapasan. Lalu untuk mengatasi sakit tenggorokan dan batuk dengan berkumur air garam.

  • Cuci tangan

Jangan lupa untuk selalu bersihkan tangan setelah melakukan kegiatan lain, menyapu rumah misalnya. Banyak kuman yang hinggap di tubuh kita karena itu selalu menjaga kebersihan tubuh dengan mencuci tangan sebelum makan bisa mencegah bakteri.

  • Konsumsi sayur dan buah

Agar tubuh tetap fit dan sehat tetaplah mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Karena kandungan dari buah-buahan yang terdapat dalam buah jeruk, misalnya dapat menjaga kekebalan tubuh.

  • Hindari jajan sembarangan

Lebih baik bawa bekal dari rumah dibanding jajan dipinggir jalan. Karena kita tidak tahu kebersihan dari si penjual. Kalau dimasak dari rumah kan lebih terjamin kebersihannya.

  • Banyak minum air

Kita harus memperbanyak minum air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi, maksimal 8 gelas/ hari. Bawalah selalu air minum kemana kamu pergi termasuk ke sekolah. (***)

 


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.214.219 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com