headerBanner
Cara Memotivasi Seorang Pembelajar

Cara Memotivasi Seorang Pembelajar

IndiSchool - Myinfo · Posted by


Selasa, 31 Maret 2015 18:22 WIB 1036 0 0

Peran orangtua dalam dunia pendidikan anak mungkin terdengar sebagai tema yang "klise". Pada umumnya kita semua mengetahui (dan juga mengharapkan) adanya dukungan positif dari orangtua, dari mulai pendampingan belajar sewaktu SD, pengorbanan finansial yang tentu tidak sedikit, sampai bimbingan personal terhadap masalah yang dihadapi pelajar di umur remaja.

Namun pada kenyataannya, peran orangtua justru bertolak belakang khususnya dalam upaya membangun motivasi belajar dalam dunia akademis maupun pembelajaran secara umum. Bahwa dunia sekolah di Indonesia sangatlah berat untuk dilewati terutama jika pelajar tidak benar-benar menjalaninya dengan segenap “jiwa-raga” dan juga rasa kecintaan terhadap disiplin ilmu yang sedang ditekuni.

Ada begitu banyak materi sekolah, tugas dan ujian tentunya sangat menuntut dedikasi, kemandirian, serta kegigihan yang tinggi untuk bisa dijalani secara konsisten selama 3 tahun. Tidak jarang, pelajar tidak tidur berhari-hari hanya untuk menyelesaikan deadline tugas sekolah.

Motivasi yang tertinggi bagi seorang pembelajar, bukan didapatkan dari rasa kepatuhan untuk sekedar menjalankan kewajiban, bukan juga didapatkan untuk mendapatkan reward ataupun menghindari punishment (baca: nilai akademis). Motivasi tertinggi bagi seorang pembelajar, didapatkan dari hasrat dan kecintaan yang lahir secara alami dalam diri mereka untuk menekuni suatu disiplin ilmu. Motivasi itu lahir secara alami dari rasa penasaran, dari rasa "gemas" untuk terus menggali ilmu itu tanpa paksaan, tanpa perlu ada yang menyuruh, serta dari rasa kepuasan dan kenikmatan tersendiri yang didapat ketika mempelajarinya.

Oleh karena itu, orangtua, guru dan siapapun memiliki peran penting bagi para pembelajar di negeri ini, bisa memberikan dukungan dan otonomi terhadap setiap individu dan para pembelajar ini untuk bisa memilih jalan karya hidupnya secara merdeka. Dengan dukungan penuh dari kita, para pembelajar ini bisa melewati masa studinya dengan penuh rasa tanggung jawab dan kesadaran penuh untuk bisa berkarya dan bermanfaat, bagi dirinya sendiri dan juga masyarakat. (***)

 

Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.220.057 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com