headerBanner
Ayo Selamatkan Anyaman di Kalimantan Timur

Ayo Selamatkan Anyaman di Kalimantan Timur

IndiSchool - Myinfo · Posted by


Rabu, 18 Maret 2015 15:13 WIB 1098 0 0

Kalimantan Timur tak hanya memiliki wisata alam yang indah saja tapi juga kerajinan tangan yang cukup terkenal di seluruh dunia. Keindahan anyaman Kalimantan Timur tak hanya dikagumi dalam negeri saja tapi  dunia pun mengakui keindahan anyaman yang terbuat dari pandan hutan ini.

Terbukti pada 2007 di Hongkong, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organizations (UNESCO) memberikan penghargaan untuk kerajinan yang menggunakan rotan sebagai salah satu bahan untu membuat anyaman ini.

Namun sayangnya, pandan hutan yang menjadi bahan baku anyaman semakin sulit didapat. Sulitnya pandan hutan, bambu, dan rotan sudah mulai terasa sejak lima tahun silam. Hutan tempat bahan baku mulai tergantikan dengan perkebunan sawit. Akibatnya, minat masyarakat Kalimantan untuk membuat anyaman khas ini semakin menurun. 

Penyebab lain yang membuat anyaman ini terancam punah karena sekarang anak muda lebih memilih bermain gadget dibanding berjam-jam menganyam. Terlebih lagi masuknya perabotan plastik mulai menggantikan kegunaan perabotan khas.

Wah sayang sekali ya Teman, bila kamu atau sanak saudara berlibur kesini jangan lupa membeli oleh-oleh kerajinan anyaman khas sana ya. Kita harus bangga dengan produk khas daerah. (***) 


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.220.057 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com