headerBanner
Apasih

Apasih "Ngabuburit " itu?

IndiSchool - Myinfo · Posted by


Senin, 29 Juni 2015 10:27 WIB 1123 0 0

Setiap bulan Ramadhan, di Indonesia terdapat satu tradisi yang telah menjadi budaya sebagian besar masyarakat Muslim Indonesia, yaitu ngabuburit. Ngabuburit merupakan isitilah yang berasal dari bahasa Sunda (suku di Jawa Barat), ngabuburit asal kata dari “burit” yang berarti sore hari menjelang malam.

Jadi tradisi ngabuburit di bulan Ramadhan adalah menunggu atau menghabiskan waktu menjelang Maghrib atau berbuka puasa. Kadang oleh sebagian kalangan, ngabuburit dilakukan semata untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga di sore hari di bulan puasa.

Di Indonesia tradisi ngabuburit sudah sangat populer, sehingga tak sedikit masyarakat biasa melakukannya dengan aktifitas ala mereka masing-masing diantaranya adalah :

  • Mengaji 

Di bulan puasa, kita selain berpuasa juga di anjurkan untuk melakukan ibadah sunnah dan ibadah tambahan untuk menambah kekhusukan kita selama menjalani puasa di bulan suci ramadhan. Salah satu amalan baik di saat bulan ramadhan salah satunya adalah membaca kitab suci Al-Qur’an. Bulan ramadhan merupakan bulan lahirnya Al-Qur’an tepatnya 17 Ramadhan, atau barangkali anda sering dengar dengan Nuzulul Qur’an. Al-Qur’an sebagai pedoman umat muslim di dunia, kita sebagai muslim selayaknya tiap hari seharusnya membaca Al-Qur’an, tapi lebih bagus lagi apabila dilakukan saat bulan ramadhan, karena pahala yang kita dapat akan berlipat ganda. Ini merupakan salah satu aktivitas yang bisa membuat anda tidak bosan dalam menunggu waktu berbuka puasa.  

  • Membagikan Takjil Gratis di jalan 
Ini nih cocok bagi kamu yang ngaku pemuda yang punya jiwa sosial tinggi, kamu bisa bergabung ke perkumpulan orang-orang yang juga memiliki jiwa sosial tinggi. Pasti ada kok relawan yang dengan bahagia memberikan takjil gratis di jalanan untuk para tuna wisma ataupun para pengendara yang tak sempat sampai rumah tetapi adzan sudah berkumandang. 
  • Jalan-jalan di Taman Kota

Sejumlah taman kota pun kini akan menjadi lokasi favorit untuk ngabuburit pada Ramadan. Kegiatan di taman kota tidak hanya nongkrong saja, tetapi ada banyak kegiatan lain yang juga dapat dilakukan, baik bagi anak-anak, remaja hingga orang tua. Dan tentu saja sambil berbelanja makanan kecil untuk berbuka puasa. 


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.217.942 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com