headerBanner
Apa Sih Manfaatnya Bikin PR

Apa Sih Manfaatnya Bikin PR

IndiSchool - Myinfo · Posted by


Senin, 8 Juni 2015 11:34 WIB 1444 0 0

Jika kamu mendengar kata Pekerjaan Rumah (PR) maka hampir kebanyakan murid sekolah akan bilang hal yang cukup menyebalkan. Apalagi jika PR yang diterima banyak dan harus dikumpulkan esok hari.

Mungkin saat kita di jenjang SD PR yang diberikan guru di sekolah tidak terlalu banyak. Namun saat SMP atau SMA yang tiap mata pelajaran memiliki guru, PR akan menjadi mimpi buruk bagi para murid.

PR sebenarnya memiliki banyak manfaat yang kadang kita tidak sadari. Berikut ini manfaat PR yang diberikan guru untuk diri kita.

  • Berlatih manajemen waktu

Di sini kita berpikir kira-kira kapan waktu yang tepat untuk membuat PR sehingga tidak berbenturan dengan kegiatan lainya, dengan ilmu manajemen waktu yang bagus maka secara tidak langsung kita telah menjadi orang yang disiplin.

  • Mempelajari kembali pelajaran

Ilmu yang sudah didapat dari guru di kelas tentu akan lebih dipahami apabila sepulang sekolah kita mempelajari kembali ilmu tersebut. Selain itu kita juga dapat mencari bahan belajar tambahan di buku ataupun internet tentang PR yang sedang dikerjakannya secara tidak langsung akan menambah wawasan dan juga kita makin terampil dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

  • Melatih diri agar rajin

Sulitnya mengatur diri sendiri maka seringkali muncul rasa malas ketika hendak melakukan aktifitas tertentu, hal ini tentu tidak akan terjadi jika kita sudah biasa berlatih untuk rajin mengerjakan PR. Tak hanya itu, dengan rajin berlatih, misalnya berlatih menulis kelak tulisan  akan semakin bagus.

  • Melatih untuk lebih bertanggung jawab

Setiap tugas yang kita peroleh akan terlaksana dengan baik jika adanya rasa tanggung jawab, namun bisa juga menjadi beban jika tidak mengerjakanya. Tanggung jawab terhadap kewajibannya ini perlu sekali dilatih, salah satunya dengan cara mengerjakan PR.

  • Mengembangkan ketrampilan

Beberapa PR berkaian dengan keterampilan namun tak hanya berupa keterampilan membuat sesuatu namun juga keterampilan dalam belajar. Misalnya dengan membaca menulis atau mengerjakan tugas maka ada kemampuan baru yang masuk ke dalam diri kita.  


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.220.057 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com