headerBanner
Albert Einstein, Penemu Rumus Relativitas

Albert Einstein, Penemu Rumus Relativitas

IndiSchool - Myinfo · Posted by


Selasa, 6 Januari 2015 14:35 WIB 1681 0 0

Siapa yang tak kenal dengan seorang ilmuwan yang terkenal dengan rumus Teori Relativitas. Dia adalah Albert Einstein, orang paling pintar di abad 21. Banyak sekali karya yang sudah dibuatnya, salah satunya adalah penemu gerak brown.

Pria yang lahir pada tanggal 14 Maret 1879 di Jerman ini pernah mendapatkan penghargaan Nobel di bidang fisika. Dia mendapatkan penghargaan tersebut pada tahun 1921. Meskipun Einstein pintar di bidang fisika, namun dia pernah mengalami kegagalan pada usia 16 tahun saat dia mengikuti ujian masuk  Swiss Federal Polytechnic in Zürich.

Kegagalan yang pernah ia alami tak membuat Albert patah semangat untuk menggapai cita-citanya, dia pun tetap berusaha agar menjadi orang berguna. Pada September 1896, ia membuktikan keberhasilannya lewat mata pelajaran matematika dan fisika. Dia berhasil mendapatkan nilai sempurna membuat Kepala Sekolah  Swiss Federal Polytechnic menyarankan Einstein untuk mengambil Aargau Cantonal School di Aarau, Swiss.

Setelah lulus dari Eidgenössische Technische Hochschule (Institut Teknologi Swiss Federal, di Zurich), Einstein memutuskan mencari pekerjaan. Kemudian dia dipromosikan oleh teman sekelasnya di Kantor Paten Swiss pada tahun 1902.

Di Kantor Paten, Einstein ditempatkan untuk menilai aplikasi paten penemu untuk alat-alat yang membutuhkan pengetahuan di bidang fisika. Pekerjaan ini cocok banget dengan latar belakang Einstein saat masih di bangku kuliah. Einstein juga membantu sang calon pemilik hak paten untuk memperbaiki desain dan cara kerja alat yang diajukan hak patennya agar dapat bekerja lebih efektif dan efisien.

Pada tahun 1905, Einstein memiliki banyak prestasi yang membanggakan misalnya, pada bulan Maret 1905, Einstein membuat karya yakni tentang Aplikasi Ekipartisi. Lalu pada April 1905, Einstein memperoleh gelar doktoralnya yaitu PhD dari Universitas Zurich atas papernya yang mengulas tentang penentuan baru ukuran-ukuran molekul.

Selain itu, pada bulan Mei, Einstein Albert Einstein menulis paper tentang Gerak Brown atau yang terkenal dengan Gerakan Brownian.Dan pada bulan Juni hingga September 1905,  Einstein menulis tentang Teori Relativitas Khusus yang dikemudian hari menjadi terkenal dengan rumusnya E=mc².

Karir Albert terus meningkat dan pada tahun1915 Einstein menulis tentang Teori Relativitas dengan rumusnya E=mc².Pada tanggal 17 April 1955, Albert meninggal dunia namun karya-karyanya masih dipakai sampai sekarang. (***)  


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.217.949 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com