Admin Myindischool

headerBanner
Air Panas Lebih Cepat Membeku? Kok Bisa Ya?

Air Panas Lebih Cepat Membeku? Kok Bisa Ya?

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Rabu, 25 Mei 2016 15:16 WIB 815 0 0

Kalian pernah dong bikin es batu di freezer kulkas rumah? Kebanyakan orang bikin es batu pakai air biasa. Tapi pernah gak coba bikin dari air panas atau air hangat? Faktanya, air panas atau air hangat lebih cepat membeku lho! Fenomena ini dikenal sebagai efek Mpemba. Pernah denger?

Efek Mpemba diambil dari nama pelajar SMA Tanzania, Erasto Mpemba, orang yang pertama kali mengobservasi pada tahun 1953. Efek Mpemba terjadi ketika dua bagian air dengan temperatur berbeda terekspos dalam kondisi subzero, dan air yang lebih panas membeku lebih dulu. Observasi ini tentunya sudah dicocokan dengan pemikiran yang lebih dulu dari Aristoteles, Rene Descrates, dan Francis Bacon.

Mpemba mengingatkan dunia fisika modern tentang adanya fenomena tersebut melalui pengamatannya. Ia yang saat itu berada di tingkat SMP, sedang membekukan es krim di freezer sebagai tugas sekolahnya. Sebagian adonan bersuhu dingin, sedangkan sebagian lainnya bersuhu panas. Berawal dari peristiwa ini lah fenomena air panas lebih cepat membeku dinamakan efek Mpemba. Kalian mau coba eksperimen ini? 


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.214.219 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com