Admin Myindischool

headerBanner
6 Tempat Seru Ini Bisa Jadi Tujuan Wisata Kamu Sambil Memaknai Hari Pahlawan

6 Tempat Seru Ini Bisa Jadi Tujuan Wisata Kamu Sambil Memaknai Hari Pahlawan

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Selasa, 7 November 2017 15:16 WIB 253 0 0

10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional. Surabaya pun mendapatkan julukan sebagai kota pahlawan karena pertempuran dahsyat terjadi di kota ini. Tapi, masih banyak anak muda jaman sekarang yang bingung bagaimana cara memaknai Hari Pahlawan. Ada yang ikut upacara atau hanya sekedar posting quotes tentang kepahlawanan.

Nah, selain kegiatan seremonial mungkin kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat bersejarah berikut ini sambil mengenang jasa-jasa para Pahlawan di masa lalu.

Yang berlokasi di Jakarta:

Monas

Monumen Nasional dibangun pada 17 Agustus 1961 dan dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Monumen ini merupakan monumen peringatan untuk mengenang perjuangan para Pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dari Belanda. Monumen ini memiliki tinggi kurang lebih 132 meter dan puncaknya berbentuk lidah api yang dilapisi emas. Di dalam nya terdapat museum yang terdapat 51 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra-sejarah hingga orde baru.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Gedung ini dulunya merupakan tempat tinggal Laksamana Maeda dan dijadikan sebagai monumen peristiwa proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Tugu Proklamasi

Dulunya tempat ini adalah rumah dari Bung Karno, namun dihancurkan atas perintah Beliau sendiri. Tugu Proklamasi / Tugu Petir adalah tugur peringatan proklamasi dengan patung Soekano-Hatta berukuran besar. Dan dihalaman rumah inilah tempat teks proklamasi dibacakan.

Kalau yang ini berlokasi di Surabaya:

Tugu Pahlawan

di dalam gedungya terdapat museum 10 Nvember. Sebagai simbol api perjuangan, bagian bawah monumen ini dihiasi ukiran Trisula ( Cakra, Stamba dan Padma ). Tugunya berbentuk paku terbalik dengan tinggi 40,45 meter.

Jembatan Merah

Jaman dahulu tempat ini merupakan tempat tinggal dan pusat perdagangan terpadat di Surabaya. di dekat Jembatan Merah ini Pula Brigadir Jenderal Aubertin Mallaby yang merupakan komandan pasukan sekutu Belanda, tewas ditangan para pejuang dalam pertempuran kota tanggal 30 Oktober 1945.

Hotel Majapahit Surabaya

Dulu hotel ini bernama Yamamoto dan sempat beberapa kali berganti nama. Hotel Bintang 5 ini menjadi saksi bisu peristiwa pertempuran 10 November. 


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.466.084 Member Bergabung
Copyright © 2017 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com