Ardyka Perdana Putra

Last login time
23 September 2014



headerBanner
5 situs e-Learning asli Indonesia

5 situs e-Learning asli Indonesia

IndiSchool - Myinfo · Posted by Ardyka Perdana Putra


Kamis, 10 April 2014 9:36 WIB 30999 3 8

Jika dahulu ada pepatah yang mengatakan “Kejarlah ilmu walau ke negeri China”. Tetapi dijaman sekarang ini mungkin pepatah itu tidak berlaku untuk apa sampai ke negeri cina jika mencari ilmu bisa dilakukan dimana saja dengan fasilitas internet.

Di jaman sekarang internet sudah merajalela hampir ke seluruh aspek kehidupan, mau belanja bisa cek di blog e-commerce, mau komunikasi murah gunakan social networking atau chat, lalu jika mau belajar, ya gunakan aja e-learning.

Apa itu E-learning?

Menurut pengertian wikipedia, e-learning disebut juga dengan sistem pembelajaran elektronik ini merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.

Memang betul, dengan e-learning kita bisa  jauh lebih luas untuk menjelajah ilmu pengetahuan, memanfaatkan internet dengan mencari bermacam-macam situs pembelajaran online. Ternyata tidak hanya satu pendidikan yang kita ketahui, tetapi begitu banyak situs pendidikan buatan Indonesia yang tersebar di dunia.

Hanya dengan duduk di meja belajar serta komputer dan jaringan internet yang terpasang, kamu sudah bisa belajar dan mengetahui banyak ilmu pengetahuan dan segala apapun yang ingin kamu ketahui dengan mudah.

Maka dari itu, ayo kita manfaatkan akses internet yang kita miliki untuk keperluan yang baik dan bermanfaat, khususnya untuk memperdalam skill yang kita miliki. Sayang jika akses internet yang kita miliki hanya kita gunakan untuk hiburan semata, karena apabila kita hanya memanfaatkan akses internet untuk hiburan semata, itu tidak akan membuat kita menjadi manusia yang lebih unggul.

Berikut ini adalah beberapa website E-Learning yang mungkin bisa kamu coba untuk menggali ilmu jauh lebih banyak dan praktis.

1. http://www.ilmukomputer.com/ 

Ini  merupakan sebuah komunitas e-learning yang membagi literatur dan materi kuliah secara bebas dan gratis di bidang Computing alias ilmu komputer dan teknologi informasi dalam bahasa Indonesia.

Situs ini juga menyediakan Konsultasi Online gratis melalui Yahoo Messenger bagi user yang mengalami kesulitan mengikuti berbagai fitur dalam situs tersebut. Tapi sayang situs ini kurang memfasilitasi user agar dapat berinteraksi satu sala lain dengan mudah.

2. http://www.pesonaedu.com/ 

Situs ini merupakan situs e-learning yang hanya menyajikan pelajaran matematika dan sains saja,  namun setiap penjelasannya akan disertakan gambar animasi yang menarik dan jauh lebih mudah dengan ini.

Setiap penjelasan dipaparkan dengan tidak begitu melampirkan panjang tulisan. Ini mungkin membuat sebagian penggunanya merasa kesulitan, ditambah lagi dengan materi yang disajikan hanya 2 mata pelajaran saja.

3. http://www.fisikanet.lipi.go.id/

Situs ini juga hanya membahas 1 mata pelajaran saja yaitu fisika. Disini kamu bisa mencari berbagai permasalahan mengenai fisika, materi, latihan soal, sejarah dan ruang diskusi seputar mencari penyelesaian mengenai pelajaran fisika.

Disini juga kamu bisa mendapatkan informasi tentang beasiswa jurusan fisika dalam dan luar negeri dan seputar berita seminar bahkan olimpiade fisika.

4. http://www.geschool.net/

Situs ini tidak hanya menyediakan materi-materi yang standar, tapi bahkan bisa jauh lebih luas. Dengan tampilan yang menarik dan jaringannya yang cepat, geschool tengah menjadikan e-learning jauh lebih menyenangkan, selain itu geschool juga memiliki fasilitas notes dan blog yang  dapat diakses secara internal.

Tapi sayang akun ini sepi, lantaran tidak adanya kolom sugestion friend dalam situs ini, sehingga jika hanya kamu sendiri yang registrasi… maka kamu akan selamanya sendiri.

5. http://www.goesmart.com/

Ini merupakan sebuah portal jejaring sosial pendidikan khusus bagi pelajar,  mahasiswa  dan pengajar. Goesmart memiliki fungsi sama persis seperti facebook, yang mana di dalamnya kamu bisa berteman dengan siapa saja, update status, upload foto dan materi pembelajaran bahkan kamu bisa membuka kelas diskusi kamu sendiri serta membuat soal sendiri…Berbagi di goesmart.com ini begitu terasa menyenangkan saat kamu memberi mereka ilmu pengetahuan dengan gratis.

Tapi sayang, akun goesmart ini keliatan belum rampung dari segi desainnya. Meski begitu sudah bayak user yang aktif loh… meski terkadang agak membingungkan dalam penggunaan akun ini.

Ternyata begitu banyak  hasil karya anak bangsa yang sangat membanggakan dan jauh lebih  bermanfaat bagi kelangsungan hidup di dunia pendidikan. Tapi saya bingung, kenapa situs2 yang bermanfaat ini jarang sekali di kunjungi oleh anak muda jaman sekarang? anda tau kenapa?  


Baca Juga



Ada 3 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.217.941 Member Bergabung
Copyright © 2016 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com